Minggu, 28 Oktober 2012

Pertumbuhan Biji Kacang HIjau


Tugas Mata Pelajaran Biologi
Guru Pembimbing:
Agus Pramono,S.Pd
Oleh:
~ Anindea Bucika Putri (11480)
~Annisa Natassya Basalem
XII IPA 1 SEMESTER 1


 DINAS PENDIDIKAN KOTA PONTIANAK
 SMA NEGERI 2
PONTIANAK
2012


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah kepada kita semua, sehingga berkat Karunia-Nya kami dapat menyelesaikan laporan laporan “Pertumbuhan Biji Kacang Hijau” yang dibimbing oleh Bapak Agus Pramono,S.Pd.
Melalui penugasan ini diharapkan para dapat memahami tentang Pertumbuhan Biji Kacang Hijau di dua tempat berbeda yang pada gilirannya dapat diimplementasikan  dalam kegiatan pembelajaran.
Dalam penyusunan makalah ini kami berharap semoga makalah inidapat bermanfaat bagi kami sendiri maupun kepada pembaca lain.
                                                                             
Pontianak, 8 Agustus 2012




BAB 1
Pendahuluan
Latar Belakang
Pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua aktifitas kehidupan yang tidak dapat dipisahkan, karena prosesnya berjalan bersamaan. Pertumbuhan diartikan sebagai suatu proses pertambahan ukuran atau volume serta jumlah sel secara irreversible, atau tidak dapat kembali ke bentuk semula. Sedangkan Perkembangan adalah peristiwa perubahan biologis menuju kedewasaanm tidak dapat dinyatakan dengan ukuran tetapi dengan perubahan bentuk tubuh (metamorfosis) dan tingkat kedewasaan.
            Sesuai pengan penjelasan diatas maka penulis akan membuat sebuah laporan pengamatan mengenai proses pertumbuhan dan perkembangan khususnya dalam dunia tumbuhan yaitu tumbuhan kacang hijau.

Rumusan Masalah
Periode pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan terjadi sepanjang hidupnya seperti halnya makhluk hidup lainnya. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor,diantaranya yaitu faktor dari lingkungan dan faktor dari dalam tubuh organisme.
Dalam laporan percobaan kali ini kami akan membahas mengenai faktor-faktor eksternal apa saja yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman, yang dalam hal ini adalah kacang hijau.


Tujuan Penelitian
        Untuk membandingkan pertumbuhan biji kacang hijau di dua tempat yang berbeda (tempat terang dan tempat gelap)
Manfaat Penelitian
Untuk mengetahui perbedaan tanaman yang tumbuh di tempat gelap dan
tempat terang


 BAB 2
LANDASAN TEORI DAN HIPOTESIS
Landasan Teori
Pertumbuhan diartikan sebagain suatu proses pertambahan ukuran atau volume serta jumlah sel secara irreversible atau tidak dapat kembali ke bentuk semula. Perkembangan adalah peristiwa perubahan biologis menuju kedewasaan tidak dapat dinyatakan dengan ukuran tetapi dengan perubahan bentuk tubuh (metamorphosis) dan tingkat kedewasaan. Pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua aktifitas kehidupan yang tidak dapat dipisahkan, karena prosesnya berjalan bersamaan.
Tumbuhan yang masih kecil, belum lama muncul dari biji dan masih hidup dari persediaan makanan yang terdapat di dalam biji, dinamakan kecambah (plantula). Awal perkecambahan dimulai dengan berakhirnya masa dormasi. Masa dormasi adalah berhentinya pertumbuhan pada tumbuhan dikarenakan kondisi lingkungan yang tidak sesuai. Berakhirnya masa dormasi ditandai dengan masuknya air kedalam biji suatu tumbuhan yang disebut dengan proses imbibisi. Imbibisi terjadi karena penyerapan air akibat potensial air yang rendah pada biji yang kering. Air yang berimbibisi menyebabkan biji mengembang dan memecahkan kulit pembungkusnya dan juga memicu perubahan metabolic pada embrio yang menyebabkan biji tersebut melanjutkan pertumbuhan. Enzim-enzim akan mulai mencerna bahan-bahan yang disimpan pada endosperma atau kotiledon, dan nutrient-nutriennya dipindahkan ke bagian embrio yang sedang tumbuh.
Biji dapat berkecambah karena di dalamnya terdapat embrio atau lembaga tumbuhan. Embrio atau lembaga tumbuhan mempunyai tiga bagian, yaitu akar lembaga/calon akar (radikula), daun lembaga (kotiledon) dan batang lembaga (kaulikulus).
Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman, salah satunya yaitu faktor cahaya. Cahaya kelihatannya merupakan petunjuk utama yang memberitahu benih bahwa ia telah menembus tanah. Kita dapat menipu biji kacang hijau, sehingga biji tersebut bertingkah laku seolah-olah ia masih tetap terkubur dengan cara mengecambahkan biji dalam kegelapan. Dari keadaan tersebut, kami termotivasi untuk melakukan pengamatan terhadap pertumbuhan biji kacang hijau di dua tempat berbeda, yaitu tempat gelap dan tempat terang. Pemilihan tempat ini sudah melalui pertimbangan beberapa faktor, seperti yang telah disebutkan pada kalimat sebelumnya. Untuk itu kami membuktikannya dengan melakukan pengamatan seperti yang tercantum pada laporan ini.
Hipotesis
Menurut kelompok kami, kacang hijau yang akan tumbuh lebih tinggi adalah kacang hijau yang diletakkan di tempat terang karena tanaman kacang hijau yang diletakkan di tempat terang langsung terkena cahaya matahari sehingga tanaman bisa melakukan fotosintesis.

  
BAB 3
METODE PENELITIAN
Metode penelitian dilakukan dengan cara eksperimen, antara lain:

1.  Alat dan Bahan
Alat:
·         Gelas bekas air mineral (2 buah)
·         Cetok/Gayung (1 buah)
·         Kertas, pensil, penghapus, penggaris (masing-masing 1 buah)
·         Kamera (1 buah)
Bahan:
·         Kacang hijau secukupnya (30 butir)
·         Toples sebagai wadah (2 buah)
·         Tanah dan Air secukupnya
·         Lidi (10 batang)

2.  Langkah Kerja
1.     Menyiapkan alat-alat dan bahan yang diperlukan
2.    Merendam kacang hijau yang akan ditanam selama 8 jam
3.    Memasukkan tanah ke dalam dua toples menggunakan cetok
4.    Menanam 10 biji kacang hijau yang telah direndam dan dipilih (hanya yang tenggelam yang diambil) ke dalam masing-masing toples
5.    Menandai masing-masing kacang hijau dengan lidi yang telah di beri label nomor
6.    Menaruh satu toples di tempat terang dan yang lainnya di tempat gelap
7.    Menyiram biji kacang hijau itu dengan air secukupnya. Frekuensi penyiraman 1 hari sekali
8.    Mengukur batang kacang hijau ketika muncul daun pertama pada tumbuhan kacang hijau tersebut
9.    Memotret setiap perkembangan pada tumbuhan kacang hijau


BAB IV
HASIL PENGAMATAN DAN PEMBAHASAN

A.  Tabel dan Gambar Hasil Pengamatan
Tempat Gelap
Tanaman
Hari ke…(cm)
Keterangan
Hari 1
Hari 2
Hari 3
Hari 4
Hari 5
Hari 6
Hari 7
1
Hanya tumbuh Akar
10 cm
12 cm
16 cm
19 cm
22 cm
25 cm 
Hidup (14,8 cm)
2
Hanya tumbuh Akar
9 cm
11 cm
14 cm
17 cm
19 cm
 21 cm
Hidup (13 cm)
3
Hanya tumbuh Akar
5 cm
8 cm
9 cm
12 cm
15 cm
 18 cm
Hidup (9,5 cm)
4
Hanya tumbuh Akar
6 cm
8 cm
10 cm
11 cm
14 cm
 16 cm
Hidup (9,2 cm)
5
Hanya tumbuh Akar
4 cm
6 cm
7 cm
10 cm
13 cm
 16 cm
Hidup (8 cm)
6
Hanya tumbuh Akar
5 cm
6 cm
9 cm
11 cm
12 cm
 14 cm
Hidup (8,1 cm)
7
Hanya tumbuh Akar
5 cm
8 cm
9 cm
12 cm
15 cm
 18 cm
Hidup (9,5 cm)
8
Hanya tumbuh Akar
3 cm
5 cm
6 cm
7 cm
9 cm
 13 cm
Hidup (6,1 cm)
9
Hanya tumbuh Akar
3 cm
5 cm
6 cm
9 cm
11 cm
 14 cm
Hidup (6,8 cm)
10
Hanya tumbuh Akar
3 cm
4 cm
5 cm
8 cm
10 cm
 12 cm
Hidup (6 cm)


Tempat Terang
Tanaman
Hari ke…(cm)
Keterangan
Hari 1
Hari 2
Hari 3
Hari 4
Hari 5
Hari 6
Hari 7
1
5 cm
6 cm
10 cm
12 cm
15 cm
20 cm
 22 cm
Hidup (12,8 cm)
2
6 cm
7 cm
9 cm
12 cm
14 cm
18 cm
 20 cm
Hidup (12,3 cm)
3
7 cm
9 cm
13 cm
18 cm
20 cm
24 cm
 25 cm
Hidup (16,6 cm)
4
8 cm
9 cm
11 cm
14 cm
16 cm
19 cm
 21 cm
Hidup (14 cm)
5
6 cm
9 cm
12 cm
13 cm
14 cm
15 cm
 17 cm
Hidup (12,3 cm)
6
7 cm
8 cm
9 cm
12 cm
14 cm
15 cm
 16 cm
Hidup (11,5 cm)
7
8 cm
9 cm
10 cm
12 cm
11 cm
14 cm
 17 cm
Hidup (11,5 cm)
8
4 cm
5 cm
8 cm
10 cm
12 cm
15 cm
 16 cm
Hidup (10 cm)
9
7 cm
9 cm
11 cm
14 cm
16 cm
19 cm
21 cm 
Hidup (13,8 cm)
10
5 cm
6 cm
9 cm
11 cm
15 cm
18 cm
 19 cm
Hidup (11,8 cm)






GAMBAR HASIL PENGAMATAN

(Hari 2-Tempat Terang)


(Hari 3-Tempat Gelap)

(Hari 3-Tempat Terang)

       (Hari 4-Tempat Gelap)

((Hari 4-Tempat Terang)

(Hari 5-Tempat Gelap)


(Hari 5-Tempat Terang)

(Hari 6-Tempat Terang)






Pembahasan
1.     Bagaimana kecepatan pertumbuhan kacang hijau di tempat terang dan di tempat gelap?
2.    Mengapa batang tanaman kacang hijau yang di tanam di tempat gelap warnanya lebih pucat, diameter batang kecil dan lemah?
3.    Bagaimana dengan warna daun pada tanaman kacang hijau yang di tanam di tempat terang jika dibandingkan daun tanaman kacang hijau yang ditanam di tempat gelap?
4.    Secara umum, tumbuhan yang hidup di tempat gelap lebih tinggi dibandingkan tumbuhan yang di tanam di tempat terang. Apakah istilah yang berkaitan dengan pernyataan diatas?
5.    Apakah yang akan terjadi selanjutnya, jika pertumbuhan tanaman kacang hijau di tempat gelap di lanjutkan? Jelaskan jawabanmu!

Jawab
1.     Tumbuhan kacang hijau di tempat gelap lebih cepat memanjang dari pada yang ada di tempat terang karena pengaruh Hormon Auksin. Hormon ini bekerja dalam perkembangan meristem ujung, sehingga tumbuhan akan tumbuh memanjang. Hormon ini akan aktif pada kondisi gelap atau tidak ada cahaya matahari, karena jika hormon ini terkena cahaya matahari, maka akan rusak, karena itu tumbuhan ditempat yang terang cenderung lebih lambat pertumbuhannya.
2.    Daun berwana pucat atau kekuningan, batang kecil dan lemah dikarenakan tidak ada sinar matahari (disebut dengan etiolasi) sehingga tanaman ini akan kekurangan nutrisi. Tanaman ini pada akhirnya akan mati.
3.    Lebih cerah meskipun pertumbuhannya tidak secepat tanaman yang berada di tempat gelap, karena tumbuhan di tempat yang terang bisa melakukan fotosintesis sehingga tidak kekurangan nutrisi.
4.    Etiolasi
5.    Batang pada tanaman akan melemah dan akhirnya tanaman akan mati/layu



BAB V
KESIMPULAN
          Pertumbuhan tanaman dipengaruhi oleh factor internal dan eksternal. Faktor internal adalah seperti gen dan hormone sementara faktor eksternal adalah seperti air, cahaya, suhu, kelembapan. Dapat disimpulkan dari percobaan diatas bahwa dua tanaman kacang hijau yang diberi tanah dan jumlah air yang sama, namun berada di tempat yang berbeda. Tumbuhan kacang hijau yang berada di tempat terang berukuran lebih pendek namun berwarna lebih segar dan diameter batangnya lebih besar dari pada tanaman yang di taruh di tempat gelap. Tanamana kacang hijau yang di letakkan di tempat gelap memanjang lebih cepat karena pengaruh hormone auksin. Hormon ini bekerja dalam perkembangan meristem ujung, sehingga tumbuhan akan tumbuh memanjang. Hormon ini akan aktif pada kondisi gelap atau tidak ada cahaya matahari, karena jika hormon ini terkena cahaya matahari, maka akan rusak, karena itu tumbuhan ditempat yang terang cenderung lebih lambat pertumbuhannya. Tanaman kacang hijau yang di letakkan di tempat gelap memiliki batang yang lemah dan warna daun dan batang yang lebih pucat. Hal ini dikarenakan tanaman itu tidak terkena cahaya matahari, sehingga tanaman tersebut tidak bisa berfotosintesis.





5 komentar:

  1. di kolom hari ke 7 tinggi tanaman udah lebih dari 10 cm tapi kok di kolom keterangan jadi berkurang tingginya ?

    BalasHapus
  2. tinggi yang berbeda di kolom keterangan itu adalah karena ukuran di kolom keterangan itu adalah rata-rata tinggi tanaman selama tujuh hari :)

    BalasHapus
  3. Rata rata pertumbuhan panjang pada tempat yg terang dan gelap setiap harinya berapa ya? Makasih sebelumnya

    BalasHapus
  4. Terimakasih infonya gan akan saya coba terapkan di tempat saya di perumahan di lamongan

    BalasHapus
  5. Tinta Titanium watches - The Titanium Arts
    Tinta Titanium watches for your titanium exhaust wrap watches, and a special 2018 ford fusion hybrid titanium bracelet for all titanium wedding bands your activities. titanium fitness Made in Italy. The Tinta watches are based in Italy. They are made in titanium teeth dog

    BalasHapus